Harga Burung Beo

Burung Beo, Berbicara tentang spesies burung banyak sekali orang yang tertarik untuk memeliharanya. Mengapa? Seperti yang diketahui hewan jenis burung ini mudah sekali dalam perawatan dan memiliki harga yang selalu tinggi.

Dari banyaknya spesies burung, Beo merupakan salah satu jenis burung yang sangat terkenal dan banyak di sukai oleh para pecinta burung di Indonesia. Hal tersebut karena burung jenis ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh burung jenis lainnya. Salah satu keunikan nya yaitu memiliki kemampuan menirukan gaya bicara manusia.

Perlu diketahui Beo adalah jenis burung yang masuk dalam kategori cerdas karena dapat dilatih untuk berbicara dengan mudah. Banyak orang yang mengatakan bahwa perbedaan Beo dengan jenis burung yang lainnya yaitu memiliki lidah dan suara yang sangat unik.

Dengan keunikan suara tersebut tidak heran jika Burung Beo bisa dengan mudah dilatih untuk menirukan suara atau kata-kata yang disampaikan oleh orang-orang yang berada di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin belum tahu tentang jenis burung yang satu ini, berikut akan dijelaskan beberapa informasi tentang Burung Beo mulai dari jenis hingga cara perawatannya dengan benar.

Apa itu burung Beo?

gambar burung beo
gambar burung beo (hipwee.com)

Hampir sebagian besar pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, Beo merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya.

Banyak orang yang tertarik untuk memelihara burung ini karena selain dapat menirukan suara atau kata-kata manusia, Beo juga juga salah satu jenis burung yang memiliki harga jual yang cukup tinggi dibanding harga burung lain. Sehingga tidak heran para pecinta burung sangat tertarik memelihara jenis burung yang satu ini.

Jenis Burung Beo Dan Karakteristiknya

Seperti yang diketahui, Beo merupakan salah satu spesies burung yang memiliki jenis beraneka ragam. Terdapat sekitar empat jenis beo yang tersebar di seluruh negara di dunia seperti Himalaya, Sri Langka, Filipina dan Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, burung jenis Beo ini bisa Anda jumpai didaerah Jawa sampai dengan kepulauan kecil Sunda. Nah bagi Anda yang masih belum tahu tentang macam-macam burung beo, berikut akan diulas beberapa jenisnya.

1. Beo Jenis Nias atau Gracula Robusta

gambar burung beo nias
gambar burung beo nias (gemarburung.com)

Beo Nias adalah jenis beo yang berasal atau biasa dijumpai didaerah Sumatera. Karakteristik utama dari beo jenis ini yaitu kepandaiannya menirukan perkataan manusia yang sudah didengarnya dengan mudah dan cepat. Jika dilihat sekilas, jenis beo ini hampir sama seperti jenis beo lainnya.

Namun bagi para pecinta burung jenis ini tentu akan mudah menemukan perbedaannya. Salah satu perbedaan Beo Nias dengan jenis burung beo lainnya yaitu terlihat dari ukuran badannya yang terlihat lebih besar dan gagah.

2. Burung Beo Jawa

gambar burung beo jawa
gambar burung beo jawa (endulpintar.blogspot.com)

Jenis Burung Beo pintar selanjutnya yaitu Jenis Burung Beo Jawa. Perlu diketahui, jenis Beo Jawa ini merupakan spesies burung beo yang berasal atau asli dari pulau Jawa dan Sumatera.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, baik Beo Nias maupun Beo Jawa memiliki bentuk badan yang hampir sama. Namun biasanya ukuran tubuh Beo Nias ini lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran Beo Jawa ataupun Sumatera. Ciri lainnya dari jenis Beo Jawa ini yaitu memiliki jawer yang sangat berbeda.

Cara Merawat Burung Beo Dengan Mudah

Jika berbicara tentang cara perawatan burung jenis Beo, pada umumnya burung yang satu ini memiliki perawatan yang bisa dikatakan cukup mudah. Makanan burung Beo sendiri juga tergolong sangat mudah sekali untuk ditemukan.

Seperti yang diketahui, Beo adalah salah satu jenis hewan pemakan segala atau biasa dikenal juga dengan istilah omnivora. Biasanya seekor Beo lebih suka makanan seperti serangga, sari bunga, buah, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana tips merawat burung beo dengan benar? Berikut akan dijelaskan secara singkat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara jenis burung yang satu ini.

1. Kenali Jenis Beo

mengetahui jenis burung beo
mengetahui jenis burung beo (kompas.com)

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan dengan mudah dan benar adalah dengan mengenali jenis Beo yang sedang atau akan dipelihara. Dengan mengetahui jenisnya tersebut, tentu Anda lebih mengetahui karakter dan jenis makanan yang disukai oleh burung beo tersebut.

2. Memberi Kandang Berukuran Sedang

kandang burung beo
gambar kandang burung beo (PriceArea.com)

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan untuk merawat burung jenis Beo yaitu memberikannya kandang yang memiliki ukuran tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Dengan ukuran kandang yang sedang tersebut akan membuat Beo peliharaan Anda merasa nyaman dan tidak stress. Alasan lainnya mengapa harus di tempatkan pada kandang yang tidak terlalu besar yaitu agar Beo tidak bersifat agresif.

3. Bersihkan Kandang Setiap Hari

Membersihkan kandang setiap hari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan beo peliharaan Anda.

Perlu diketahui dengan pembersihan kandang secara rutin tersebut akan menjaga kesehatan dan kenyamanan serta menghindarkan Beo terkena infeksi kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi jika Anda ingin beo selalu dalam kondisi sehat, pastikan untuk melakukan pembersihan kandangnya secara rutin.

4. Memberikan Makanan Dan Minuman

member makan burung beo
gambar memberi makan burung beo (cara-memelihara.blogspot.com)

Selanjutnya hal tidak kalah penting dari yang sudah disebutkan diatas adalah memberikan makanan yang bergizi dan juga memberikan vitamin yang dapat menjaga kesehatan Beo peliharaan Anda tersebut. Ada beragam makanan yang dapat dikonsumsi oleh Beo mulai dari pelet, buah, susu, biji-bijian, sayur, dan masih banyak makanan bergizi lainnya.

Cara Ternak Burung Beo Bagi Pemula

gambar ternak burung beo
gambar ternak burung beo (youtube.com/watch?v=B1o70Cn7Y9k)

Apakah anda termasuk pemula dalam budidaya burung Beo? Yuk simak tips ternak burung beo bagi pemula yang benar di bawah ini!

  1. Tentukan indukan jantan dan betina yang berkualitas yakni bersih, lincah, dan sehat. Lalu, tempatkan mereka di sangkar berbeda namun berdekatan untuk menimbulkan ketertarikan antar keduanya. Setelah dirasa cukup tertarik, anda dapat menaruhnya dalam satu sangkar di malam harinya.
  2. Buat kandang se nyaman mungkin seakan-akan burung tersebut hidup di alam lepas. Anda dapat memberikan kolam kecil untuk tempat mandi dan bermain.
  3. Siapkan tempat bertelur yang nyaman dan aman seperti kotak yang didasari rumput-rumputan kering dan ranting.
  4. Berikan nutrisi pada pakan yang diberikan seperti vitamin, telur rebus, jangkrik, voer, dan buah-buahan seperti tomat, pisang, dan lain-lain.
  5. Berikan daun-daunan pada masa pengeraman telur dan setelah menetas biarkan anak-anak beo bersama indukan Lalu, setelah 2 minggu, anda dapat memisahkannya dalam kandang yang berbeda.

Cara Melatih Burung Beo

Ketika Anda sudah memanen anak-anak Beo, pastikan bahwa Anda mengetahui tips melatih burung beo dengan benar agar mereka tumbuh secara cepat dan sehat yang akan menguntungkan Anda kedepannya.

Lalu bagaimana cara melatih beo agar bisa mengeluarkan suara atau menirukan kata-kata manusia di sekitarnya? Sebenarnya ada beberapa metode efektif yang bisa Anda lakukan, berikut ulasannya.

1. Latih Menggunakan MP3

Cara atau metode efektif pertama yang bisa Anda lakukan adalah melatihnya dengan menggunakan Mp3. Caranya sangat mudah, Ada hanya perlu memutar rekaman dari beo lainnya yang pintar berbicara.

Lakukan hal tersebut secara rutin agar beo peliharaan Anda tersebut terbiasa mendengar dan mengikuti suara atau kata-kata yang dia dengar. Banyak orang yang memilih cara ini untuk melatih Beo agar bisa berbicara karena dianggap lebih efektif dan mudah. Jadi Anda bisa mencobanya juga di rumah lo!

2. Melatih dengan Beo lain

melatih burung beo
gambar cara melatih burung beo (sains.me)

Cara lainnya untuk melatih beo agar mudah berbicara yaitu dengan menggunakan beo lain yang sudah pandai atau pintar dalam berbicara. Metode ini sangat efektif untuk memancing beo peliharaan Anda tersebut mengeluarkan suara atau kata-kata yang dikeluarkan oleh beo lainnya tersebut.

Cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memasukkan kedua beo tersebut pada sangkar yang berbeda kemudian menggantungkannya ditempat yang berdekatan.

Harga Burung Beo Di Pasaran

Berbicara tentang harga, harga burung beo ini tergolong sangat bervariasi. Selain ditentukan dengan jenis dari beo nya, harga tersebut juga dilihat dari keunikan yang dimiliki oleh beo jenis tersebut. Perlu diketahui bahwa semakin Beo tersebut memiliki banyak keunikan maka harga yang ditawarkan pun juga semakin besar.

Bagi Anda yang sekarang ini berniat untuk memelihara burung jenis Beo, maka Anda harus merogoh saku cukup dalam. Mengapa demikian? Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa jenis beo beserta harganya.

1. Burung Beo Nias

Sesuai dengan namanya, Beo jenis ini banyak dijumpai di wilayah Nias, Sumatra. Harga burung jenis ini umumnya dibanderol kurang lebih 1.5 juta dan bisa saja lebih. Bagaimana cukup mahal, bukan?

2. Burung Beo Medan

Lain halnya dengan Beo Medan, jenis burung ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis Beo sebelumnya. Perlu Anda ketahui harga jual Burung ini yaitu antara 1,5 juta hingga 1,8 juta. Harga tersebut diperuntukkan untuk jenis beo yang berusia 4 sampai 6 bulan

3. Burung Beo Papua & Kalimantan

Baik Beo Papua dan Beo Kalimantan memiliki harga jual yang cukup tinggi. Dari beberapa jenis burung Beo yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua jenis ini merupakan jenis burung beo termahal jika dibandingkan dengan dua jenis yang sebelumnya.

Sekarang ini harga beo Papua dan Kalimantan di pasaran dibanderol dengan harga sekitar 2,5 juta sampai dengan 3 jutaan. Harga tersebut akan terus mengalami kenaikan setiap bulannya. Sesuai dengan kebutuhan atau permintaan di pasaran.

Jika melihat dari harganya memang menjadi salah satu hal yang membuat sangat dilema. Mengapa? Tentu bagi pemula yang ingin memelihara burung jenis ini, harga yang tercantum diatas sangat besar dan tentu bisa menguras tabungan.

Namun bagi para pecinta burung beo harga tersebut bukan menjadi masalah yang besar karena semakin bagus Beo yang mereka dapatkan maka hal tersebut akan memberikan kepuasan tersendiri. Sehingga tidak heran jika sering dijumpai orang-orang yang rela mengeluarkan dana yang besar agar bisa mendapatkan burung Beo yang sesuai dengan yang di inginkan.

Harga Burung Beo Segala Jenis

Jenis Burung BeoAnakanDewasa
Beo Bastar (India)Rp5.270.000Rp6.530.000
Beo FloresRp1.260.000Rp2.120.000
Beo IndocinaRp3.780.000Rp4.530.000
Beo JawaRp1.375.000Rp2.530.000
Beo KalimantanRp1.675.000Rp3.030.000
Beo Medan (Sumatra)Rp1.425.000Rp1.760.000
Beo MentawaiRp1.330.000Rp1.770.000
Beo NekobarRp4.230.000Rp5.780.000
Beo NiasRp1.300.000Rp1.475.000
Beo PapuaRp1.600.000Rp2.550.000
Beo Pelawan (Filipina)Rp2.530.000Rp3.770.000
Beo Putih (Albino)Rp125.120.000Rp150.030.000
Beo Sri LankaRp4.530.000Rp6.030.000
Beo Sunda (Kep. Sunda)Rp2.720.000Rp4.050.000

Nah bagi para pemula yang masih tertarik untuk memelihara burung jenis ini namun tidak memiliki banyak modal tidak perlu khawatir. Anda masih bisa memelihara Beo kesayangan Anda, namun disarankan untuk membeli jenis Beo yang masih kecil atau berusia sekitar 4 sampai 6 bulan.

Mengapa? Perlu diketahui umumnya harga jual Beo yang kecil atau berusia 4 sampai 6 bulan masih terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang Burung Beo mulai dari jenis dan karakteristiknya, cara perawatan hingga cara memeliharanya dengan baik dan benar. Perlu diketahui masing-masing beo memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dari masing-masing jenisnya tersebut cara perawatan yang dilakukan juga berbeda. Jadi pastikan untuk merawatnya sesuai dengan karakteristiknya ya! Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap Beo dengan baik dan benar.

Brand: Burung Beo, Nama Produk: Burung, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp1300000 to Rp150000000

Leave a Comment