Harga Burung Nuri

Burung Nuri menjadi salah satu jenis burung yang sudah tidak asing lagi penyebutan namanya. Bagaimana tidak, bahkan di dalam nyanyian, seringkali nama burung yang satu ini dibawa-bawa.

Tidak mengherankan pula, banyak yang penasaran hal-hal seputar burung nuri, mulai dari jenis, pakan, cara menjinakkan, cara beternak, serta harga burung dan masih banyak lagi pembahasan yang bisa dibahas seputar burung Nuri ini.

Bagi anak-anak maupun orang dewasa, mengenal satu jenis burung ini perlu dilakukan supaya bisa menambah wawasan yang lebih luas lagi seputar satwa bersayap ini. Untuk itu, berikut akan dibahas secara rinci mengenai burung Nuri.

Apa Itu Burung Nuri?

gambr burung nuri
gambr burung nuri (suarasurabaya.net)

Banyak yang bertanya terkait apa itu burung Nuri. Mungkin bagi sebagian besar orang bukanlah hal yang sulit untuk menjawabnya secara umum, namun untuk lebih spesifik tidak semua orang bisa menjelaskannya dengan baik. Untuk itu, perlu ditelaah lagi hal-hal mendasar terkait dengan burung Nuri ini.

Burung ini juga disebut Nuri Bayan atau Bayan memiliki nama ilmiah Eclectus roratus. Burung ini mempunyai ukuran yang sedang. Panjangnya kurang lebih 43 cm. Jika dilihat dari segi genusnya, burung ini masuk ke dalam genus burung paruh bengkok.

Jika dilihat dari bentuk paruhnya, maka burung ini memiliki paruh yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Untuk jantan dan juga betinanya, burung nuri ini mempunyai warna yang berbeda sehingga sangat bisa terlihat perbedaannya.

Jenis-Jenis Burung Nuri

Ada berbagai macam burung Nuri yang harus diketahui. Berikut adalah penjelasannya.

1. Nuri Kepala Hitam

gambar burung nuri kepala hitam
gambar burung nuri kepala hitam (koranburung.blogspot.com)

Jenis burung Nuri yang satu ini memiliki ciri yang khas di bagian kepalanya. Apalagi kalau bukan corak berwarna hitam yang ada di bagian kepalanya. Jika dilihat sekilas, jenis Nuri yang satu ini mirip dengan Nuri Pelangi, hanya saja pada bagian kepala ada corak berwarna hitam.

Jenis Nuri yang satu ini memang paling banyak jika dibandingkan dengan jenis Nuri lainnya. Tidak heran apabila banyak ditemukan penangkaran dan juga kebun binatang yang terdapat Nuri jenis ini di dalamnya.

2. Nuri Pelangi

gambr burung nuri pelangi
gambar burung nuri pelangi (sentrabudidaya.com)

Jenis burung Nuri selanjutnya adalah Nuri Pelangi. Untuk Nuri pelangi mempunyai warna-warna seperti pelangi yaitu merah, kuning, hijau serta biru. Namun tidak ada hitam di area tubuh Nuri Pelangi ini.

Nuri jenis yang satu ini memang sangat indah apabila dipandang oleh mata. Di taman safari dan juga kandang-kandang burung, Burung Nuri Pelangi ini masih banyak ditemukan.

3. Nuri Hitam

gambr burung nuri hitam
gambar burung nuri hitam (hobinatang.com)

Berikutnya adalah Nuri hitam. Warna Nuri yang satu ini memang sedikit menyeramkan. Jelas saja banyak yang tidak memasukkannya ke dalam kategori imut. Secara keseluruhan, warna yang dimilikinya adalah hitam. Jika dilihat sekilas, banyak yang mengatakannya mirip dengan burung gagak, namun tidak sehitam gagak bulunya.

Pada bagian parunya juga lebih bengkok. Meskipun terkesan seram, burung Nuri hitam ini masih mempunyai daya tarik serta corak yang khas. Akibat bulunya yang hitam, burung Nuri hitam ini terbebas dari perburuan liar dan ancaman kepunahan. Pemburu menilai bahwa warna hitam yang dimilikinya adalah warna yang buruk dan tidak mempunyai nilai jual.

Makanan Burung Nuri

Selanjutnya yang perlu dibahas adalah makanan burung Nuri. Adapun beberapa pakan untuk burung nuri yang bisa diberikan adalah

1. Biji-Bijian

makanan burung nuri
makanan burung nuri (Tribunnews.com)

Pakan pertama yangbisa diberikan kepada burung Nuri adalah biji-bijian. Tampaknya, pakan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi untuk diberikan, jadi tidak perlu khawatir. Biasanya, Nuri akan menyukai pakan yang pertama kali diberikan oleh pemiliknya.

Jadi bisa dikatakan bahwa apa yang pertama kali diberikan sangat berpengaruh pada pakan kesukaan burung Nuri selanjutnya. Adapun biji-bijian yang dimaksud adalah beras merah, kacang biji, jagung dan masih banyak lagi yang lainnya. Biji-bijian ini mampu memenuhi kebutuhan gizi burung Nuri karena kaya akan zat besi, protein, vitamin yang tentunya baik bagi tubuhnya.

2. Bubur Buatan

Berikutnya adalah bubur buata. Adapun bubur yang dimaksud disini adalah adonan yang terdiri dari campuran gandum, beras merah, sayuran dan biji-bijian. Penyajiannya ialah dalam bentuk cair sehingga bisa diminumkan pada burung Nuri.

Kandungan yang terdapat dari campuran adonan ini memang sangat baik bagi tumbuh kembang burung Nurri. Selain itu kesehatannya juga akan terjaga dengan asupan yang bergizi seperti yang dibuat dengan campuran adonan ini.

3. Suplemen dan Vaksin

Selanjutnya ada suplemen dan juga vaksin. Untuk pakan yang satu ini memang perlu diberi sebagai suplement tambahan untuk memastikan burung Nuri tetap sehat dan terjaga daya tahan tubuhnya.

Biasanya, vaksin bisa didapatkan di toko burung terdekat. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya sehingga sangat dianjurkan untuk memberikannya kepada Nuri.

4. Buah Segar dan Sayuran

Pakan selanjutnya adalah buah segar dan juga sayuran. Tentu saja bukan hal yang sulit untuk mendapatkannya berhubung di kehidupan sehari-hari, manusia juga mengkonsumsi sayur dan juga buah. Kandungan yang ada dalam sayur dan buah tentu sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam memenuhi kebutuhan gizi.

Secara khusus, sayur dan juga buah bisa membantu pertumbuhan bulu burung Nuri supaya bisa terlihat segar dan lebih cerah. Beberapa jenis sayuran maupun buah yang bisa dipilih seperti kol, pepaya, kentang, tomat, wortel, apel dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Menjinakkan Burung Nuri

Hal lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah tips menjinakkan burung Nuri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Kandang

Perhatikanlah kandang yang digunakan sebagai tempat tinggal burung Nuri. Pastikan bahwa tempat tersebut nyaman bagi si Nuri. Terlebih lagi ketika burung Nuri masih merasa asing terhadap tempat barunya tersebut. Lebih baik, kandang diletakkan di area yang masih terdapat banyak manusia supaya burung Nuri bisa banyak berinteraksi dengan manusia.

2. Penempatan

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah penempatannya. Ketika burung Nuri sudah terbiasa di tempat ramai dan berinteraksi dengan manusia, maka ia akan lebih jinak kepada pemiliknya.

Sudah dipastikan juga Nuri yang bersangkutan juga tidak akan takut kepada manusia. Bahkan bukan hanya itu, meskipun di tempat ramai, ia tidak akan merasa stress dan juga depresi. Alhasil, para pemilik burung Nuri yang ingin menjinakkan burungnya akan lebih mudah.

3. Memandikan Burung

Berikutnya adalah memandikan burung. Cara ini juga dilakukan ketika ingin mengetahui cara ternak burung Nuri. Adapun banyaknya waktu mandi burung Nuri ialah dua kali dalam satu hari. Angka demikian juga minimal. Jika ingin ditambahkan juga masih bisa. Untuk waktunya bisa dilakukan pada pagi hari dan juga sore hari.

Bukan hal yangsulit untuk memandikan Nuri sebab tinggal di semprot saja dengan botol spray dan pastikan bagian bulunya basah kuyup. Dalam kondisi basah kuyup, maka burung Nuri akan merasa lebih lapar.

Secara ilmiah bisa dijelaskan ketika burung Nuri merasakan kedinginan, maka ia akan berusaha menghangatkan tubuh. Dalam proses menghangatkan tubuh tersebut itulah banyak kalori yang terbakar. Setelah dimandikan hingga kuyup, maka burung Nuri sebaiknya dijemur supaya kering.

4. Pemasteran

Selanjutnya adalah pemasteran. Tahap ini dirasa penting karena bisa mengaktifkan si burung Nuri tersebut. Namun perlu digarisbawahi bahwa pemasteran bisa dilakukan ketika si burung sudah benar-benar jinak. Cara pemasteran ialah dengan menyetel suara-suara burung yang sedang berkicau melalui mp3 player.

Apabila menginginkan burung Nuri dapat berbicara bagaimana manusia, maka kandangnya bisa diletakkan pada area yang sering terjamah oleh manusia. Misalnya saja di ruang tamu maupun ruangan lainnya yang masih tersentuh oleh manusia.

Cara Merawat Burung Nuri

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin memelihara burung Nuri. Tentu saja bisa dilakukan dengan mengetahui tips merawat burung Nuri. Berikut adalah cara-caranya:

1. Kandang

gambar kandang burung nuri
gambar kandang burung nuri (Alibaba)

Pertama ialah dari segi kandang. Pastikan bahwa ukurannya sesuai. Tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Namun, jika memang ingin membuat satu kandang antara betina dan jantan tentu saja membutuhkan kandang yang lebih besar.

Bukan hanya dari segi ukuran, bahan terbaik untuk membuat kandang Nuri ialah kayu pohon kelapa maupun kayu enau. Bahan ini disukai oleh burung Nuri. Masih terkait dengan kandang, kebersihan dan juga kondisi kandang harus selalu diperhatikan.

Setidaknya harus rutin membersihkan kandang dari kotoran burung Nuri. Sebaiknya ketika membersihkan menggunakan desinfektan supaya lebih higenis dan terbebas dari kuman.

2. Hindarilah Penggunaan Rantai

Menggunakan kandang yang berjeruji akan membuat proses pemindahan burung dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi mudah. Hanya saja dengan demikian membuat burung merasa terpenjara. Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi burung Nuri. Selain itu, burung akan rawan lecet.

3. Makanan

sayuran makanan burung nuri
sayuran makanan burung nuri (sahabatpegadaian.com)

Agar burung bisa berumur panjang dan tetap sehat, maka harus rutin memberikan makanan yang bergizi serta bisa memenuhi asupan sehari-hari. Misalnya saja buah-buahan dan sayuran.

Beberapa jenis buah yang baik seperti pepaya, apel, pisang. Untuk jenis sayur seperti brokoli, kangkung, dan juga wortel. Selain itu, bisa memberikan makanan berupa biji-bijian, misalnya beras merah dan juga jagung.

4. Menghindari pemberian voer basah

Perlu diketahui bahwa makanan berupa voer jenis basah sebenarnya sangat rawan untuk mengundang berbagai penyakit. Terutama, jika sisa makanan masih tersisa pada bagian paruh setelah makan selesai. Maka sebaiknya hindarilah pemberian voer dalam kondisi basah.

Harga Burung Nuri Terbaru Segala Jenis

Jenis Burung NuriHarga
Nuri AmbonRp700.000-Rp900.000
Nuri HijauRp650.000
Nuri Kepala HitamRp500.000
Nuri Kepala Hitam Bisa AtraksiRp950.000-Rp2.000.000
Nuri Kepala Hitam Bisa BicaraRp1.500.000-Rp2.500.000
Nuri Kepala Hitam RemajaRp850.000
Nuri MerahRp650.000

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah harga burung nuri. Dengan mengetahui harganya, maka bisa diperkirakan budget yang akan dikeluarkan untuk melakukan pemeliharaan terhadap burung Nuri. Harus diketahui bahwa pada dasarnya, harga burung Nuri yang ada di pasaran memang cukup tinggi.

Namun, hal demikian tentu dibarengi dengan keindahan yang dimiliki oleh burung Nuri tersebut. Kecerdasan yang dimilikinya serta warna warni tubuhnya mampu memberikan kepuasan sendiri kepada para pecinta burung.

Apalagi burung Nuri yang dibeli akan dibudidayakan dan kemudian bisa dijual lagi. Tentu saja bisa menjadi ladang usaha apabila benar-benar bisa berhasil. Berikut adalah beberapa jenis burung Nuri beserta harganya.

Demikianlah informasi seupat burung nuri mulai dari apa itu burung Nuri, jenis, pakan, cara beternak, cara memelihara serta harganya. Tentu saja hal ini bisa dijadikan tambahan informasi supaya lebih bisa memperkirakan hal-hal yang harus dilakukan ketika memilih burung Nuri sebagai hewan budidaya maupun peliharaan.

Brand: Nuri, Nama Produk: Burung, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp650000 to Rp2500000

Leave a Comment