Harga Burung Parkit

Pernah mendengar tentang burung parkit? Beberapa orang pasti masih begitu asing dengan jenis burung yang satu ini. Parkit atau Parkeet Bird merupakan salah satu jenis burung yang kicauan yang memiliki bulu berwarna indah dan mempesona.

Karena keindahan burung tersebut banyak sekali para pecinta burung di Indonesia yang menyukai dan tertarik untuk memelihara jenis burung yang satu ini. Namun perlu diketahui, parkit termasuk dalam kategori burung yang cukup langka sehingga tidak heran harga jualnya pun juga masih tergolong mahal.

Berbicara tentang parkit, parkit menjadi salah satu burung yang bisa dikatakan sangat cerdas dan unik. Bagaimana tidak? Burung yang satu ini memiliki suara kicauan yang begitu indah dan mudah. Beberapa jenisnya bahkan bisa berbicara layaknya seperti suara dan kata-kata manusia disekitarnya.

Baca juga: Harga Burung Hantu

Bagi Anda yang sedang berencana untuk memelihara burung jenis ini, Anda tidak perlu ragu karena cara perawatannya pun terbilang sangat mudah. Nah bagi yang belum tahu tentang burung tersebut, berikut akan dijelaskan beberapa informasi singkat tentang burung parkit mulai dari jenis-jenisnya hingga harga jualnya di pasaran.

Apa itu Burung Parkit?

gambar burung parkit
gambar burung parkit (hewanrumahan.blogspot.com)

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, Parkit merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara yang merdu dan juga warna bulu yang begitu indah. Jenis burung ini termasuk dalam kategori keluarga burung nuri atau parrot.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh burung ini dan tidak dimiliki oleh burung lainnya yaitu memiliki tingkat kepandaian dan kecerdasan yang tinggi. Umumnya parkit memiliki bulu berwarna hijau yang diselingi dengan warna kuning dan hitam. Namun karena semakin berkembangnya zaman sekarang ini banyak sekali dijumpai parkit berwarna biru, abu-abu, kuning, putih, dan kombinasi yang dihasilkan dari proses penangkaran

Jenis Burung Parkit Berdasarkan Tempat Asalnya

Sam halnya dengan jenis burung lainnya, Parkit juga memiliki beragam jenis yang masing-masing memiliki ciri yang berbeda-beda. Pada umumnya jenis parkit tersebut berasaldari tempat yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam burung parkit berdasarkan tempat asalnya.

1. Burung Parkit Australia

gambar burung parkit australia
gambar burung parkit australia (olx)

Jenis parkit yang pertama yaitu berasal dari negara Australia. Jenis parkit ini memiliki ciri khas pada bagian kepalanya yaitu memiliki jambut yang menjulang tinggi.

Sedangkan untuk ukuran badannya parkit dari Australia ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan jenis parkit pada umumnya. Beberapa warna yang dimiliki jenis burung parkit dari Australia ini yaitu warna silver, albino, Lutino, white dan masih banyak lagi.

2. Parkit Holland

gambar burung parkit holland
gambar burung parkit holland (BudidayaKenari.com)

Jenis Parkit yang kedua ini yaitu berasal dari negara Belanda. Umumnya parkit dari Belanda ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan parkit yang berasal dari Australia dan juga parkit yang banyak dijumpai di pasaran.

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok yaitu bisa dilihat dari ukuran badannya. Perlu Anda ketahui parkit dari Belanda ini memiliki ukuran paling besar jika dibandingkan dengan parkit pada umumnya.

Baca juga: Harga Burung Kacer

3. Parkit Lokal

Sesuai dengan namanya, jenis parkit yang satu ini adalah jenis parkit yang paling banyak dijumpai di pasaran. Secara umum karakteristik dari parkit lokal ini yaitu memiliki ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan dengan parkit dari Australia dan Belanda. Jika dilihat dari harganya, harga Parkit Lokal ini tergolong masih sangat terjangkau.

Cara Merawat Burung Parkit yang Baik dan Benar

Berbicara tentang cara perawatan, burung jenis ini sangat mudah sekali dalam perawatannya. Anda hanya perlu menyediakan lingkungan yang bersih dan memberikan makanan yang dibutuhkan setiap harinya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan beberapa ulasan singkat tentang tips merawat burung Parkit dengan benar.

1. Merawat sesuai jenisnya

gambar burung parkit nyaman
gambar burung parkit nyaman (hewanrumahan.blogspot.com)

Hal pertama dan harus Anda perhatikan ketika memelihara jenis burung apapun adalah melihat dari jenis burung yang Anda pelihara. Seperti yang diketahui masing-masing burung memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran jika cara perawatannya pun juga berbeda.

Jadi bagi Anda yang masih sangat pemula dalam memelihara burung jenis Parkit, akan lebih baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis burung yang Anda pelihara agar tidak salah dalam perawatan.

2. Membersihkan kandang secara rutin

gambar burung parkit dalam kandang
gambar burung parkit dalam kandang (kaskus)

Sama halnya dengan jenis peliharaan burung lainnya, cara merawat parkit dengan benar adalah dengan membersihkan kandangnya secara rutin minimal tiga kali dalam sehari.

Namun jika Anda punya banyak waktu tidak ada salahnya jika Anda membersihkan kandangnya setiap hari. Tujuan dilakukan pembersihan secara rutin ini yaitu agar parkit peliharaan Anda terbebas dari virus atau kuman yang dapat mengganggu kesehatan parkit peliharaan Anda. Tentu saja mencegah lebih baik dari mengobati, bukan?

3. Memberikan Makanan bergizi

gambar makanan burung parkit
gambar makanan burung parkit (linikini.id)

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat parkit peliharaan Anda dengan baik dan benar yaitu dengan selalu memberikan makanan yang bergizi.

Baca juga: Harga Burung Kenari

Umumnya makanan burung parkit ini sangat mudah ditemukan. Beberapa makanan yang biasa dimakan oleh jenis burung ini seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Namun makanan yang paling disukainya yaitu biji-bijian.

4. Memberinya Vitamin

Meski terdengar tidak penting, vitamin merupakan salah satu faktor yang membuat Parkit peliharaan terbebas dari berbagai virus dan tidak mudah terserang penyakit. Seperti yang diketahui, burung merupakan salah satu jenis hewan yang mudah sekali terkena penyakit. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut tidak ada salahnya jika Anda memberikannya vitamin burung sejak dini.

Cara Melatih Burung Parkit Dengan Mudah

Sebenarnya tips melatih burung parkit ini tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu bersabar dan melakukannya secara rutin. Lalu bagaimana cara melatih jenis burung ini agar lebih cepat berbicara? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Jangan Memelihara Terlalu Banyak

gambar peternakan burung parkit
gambar peternakan burung parkit (jalaksuren.net)

Langkah atau cara pertama yang bisa dilakukan agar burung Parkit lebih cepat berbicara yaitu jangan terlalu banyak memelihara burung jenis ini di rumah.

Seperti yang diketahui parkit akan lebih mudah mengeluarkan suara atau berbicara pada burung lain, sehingga memelihara beberapa jenis di rumah bisa membantu mereka mengembangkan berbagai variasi kicauan. Namun jika Anda terlalu banyak memelihara dirumah maka mereka lebih cenderung fokus antar sesama dibandingkan mengeluarkan kicauan.

2. Buat Merasa Nyaman

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar Parkit peliharaan Anda mau berbicara atau mengeluarkan suara yaitu dengan membuat mereka nyaman.

Baca juga: Harga Burung Lovebird

Bagaimana caranya? Pastikan Anda berteman dan meluangkan waktu untuk berbicara dengannya dan membuatnya merasa nyaman dengan suasana rumah Anda. Jika sudah dalam kondisi nyaman, maka parkit pun akan lebih mudah untuk mengeluarkan suaranya.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Satu lagi cara yang bisa dilakukan agar parkit peliharaan Anda dirumah mudah untuk berbicara yaitu dengan melatihnya di waktu yang tepat. Sama halnya dengan manusia, burung juga memiliki perasaan dimana jika perasaan nya tidak baik dan dipaksa untuk berbicara atau mengeluarkan suara maka hal tersebut bisa saja membuatnya semakin stress.

Kalau parkit sudah stress maka dia akan cenderung lebih susah untuk diajak atau diminta untuk mengeluarkan suara. Perlu diketahui waktu paling baik untuk melatih burung yaitu pada pagi hari.

Cara Ternak Burung Parkit Bagi Pemula

Sama halnya dengan perawatannya, tips ternak burung Parkit juga sangat mudah sekali. Hanya saja perlu Anda ketahui jika jenis burung ini memerlukan perhatian yang khusus dalam perawatannya setiap hari terutama dalam masalah kebersihan kandang tempat tinggalnya.

Bagi Anda yang ingin beternak burung Parkit dengan kualitas yang baik, hal tersebut bukan lagi menjadi hal yang sulit lagi. Mengapa? Kuncinya Anda harus mengetahui tahapan dari beternak jenis burung yang satu ini dengan benar. Bagaimana caranya? Berikut sedikit ulasannya.

1. Memilih Parkit Jantan & Betina

gambar pasangan burung parkit
gambar pasangan burung parkit (birdbody.blogspot.com)

Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan yaitu bisa membedakan antara parkit Jantan dan Betina. Mengerti antara Parkit Jantan dan betina menjadi hal yang mutlak karena jika Anda salah dalam membeli jenis parkit tersebut maka Anda tidak akan pernah berhasil dalam beternak.

2. Mempersiapkan Kandangnya

Setelah memilih parkit yang akan dipelihara, maka tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan kandangnya. Anda tidak perlu mempersiapkan kandang yang berukuran besar karena yang terpenting adalah nyaman dan bersih.

Pastikan untuk membersihkan kandangnya secara rutin karena kandang merupakan salah satu sarang penyakit yang dapat menyebabkan munculnya bakteri atau virus yang dapat membuat parkit Anda mudah terserang penyakit.

3. Mempersiapkan Glodok dan Sarang

Setelah kandangnya sudah siap, maka selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah Glodok dan Sarang. Seperti yang diketahui, dialam bebas Parkit selalu membuat sarang untuk tempat tinggalnya.

Baca juga: Harga Burung Cendet atau Pentet

Sehingga untuk membuat parkit peliharaan Anda lebih nyaman, Anda perlu membuatkan sarang yang terbuat dari glodok. Dengan kondisi tempat tinggal yang nyaman tersebut, maka parkit Anda pun tidak rentan terserang penyakit.

4. Selalu Memberi Makanan Bergizi

Satu lagi hal yang perlu dilakukan dalam beternak parkit adalah dengan selalu memberikannya makanan yang sehat dan bergizi. Fungsi utama makanan bergizi yaitu selain menjaga kesehatan burung parkit kesayangan Anda juga bisa membuat suara yang ditampilkan semakin merdu dan jernih. Seperti yang diketahui semakin merdu suara yang dihasilkan maka harga jualnya di pasarannya pun juga semakin mahal.

Harga Burung Parkit

Jika berbicara tentang harga, pasti sebagian besar orang pasti sudah tahu bahwa harga burung ini termasuk cukup mahal. Seperti yang diketahui Parkit merupakan salah satu jenis burung kicauan yang tergolong cukup langka.

Sehingga tidak heran jika harga yang ditawarkan cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Umumnya harga burung Parkit tersebut berbeda-beda setiap jenisnya. Semakin bagus dan unik burung tersebut maka harga yang ditawarkannya pun juga semakin mahal.

Untuk kategori jenis Parkit Australia dan Holland umumnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500.000, per ekornya. Sedangkan untuk jenis Parkit lokal biasanya dibeli dengan harga mulai dari Rp 100.000 per ekornya. Perlu Anda ketahui harga tersebut sesuai dengan umur dari jenis Parkit tersebut.

Daftar Harga Burung Parkit Lengkap Terbaru

Jenis Burung ParkitHarga
Anakan Lutino Parkit Australia Mata Merah perRp590.000
Anakan Parkit Australia per EkorRp570.000
Burung Parkit Holland per EkorRp520.000
Indukan Lutino Parkit Australia Mata Merah SepasangRp1.550.000
Indukan Parkit Australia SepasangRp1.450.000
Indukan Parkit Holland SepasangRp930.000
Parkit Lokal Lutino/Albino SepasangRp210.000
Parkit Lokal Warna Hijau SepasangRp120.000
Parkit Lokal Warna Non Hijau SepasangRp160.000

Semakin besar atau dewasa parkit maka harga yang ditawarkan juga lebih mahal. Jadi bagi Anda yang pemula sebaiknya untuk membeli parkit yang masih kecil karena harganya masih terbilang cukup terjangkau. Tentu Anda tidak perlu menguras kantong Anda, bukan?

Demikian sedikit ulasan singkat tentang Burung Parkit mulai dari jenis, cara perawatan hingga harga burung tersebut di pasaran. Satu hal yang perlu dilakukan untuk merawat jenis burung ini dengan benar yaitu dengan menyesuaikan dengan karakteristik dari burung yang Anda pelihara tersebut.

Dengan menyesuaikan karakteristiknya tentu akan membuat Parkit peliharaan Anda lebih sehat dan nyaman. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat peliharaan Parkit dengan baik dan benar.

Brand: Parkit, Nama Produk: Burung, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp100000 to Rp1550000

Leave a Comment