Harga Ikan Koi

Ikan koi saat ini memang sudah dikenal luas oleh masyarakat baik untuk sekedar hiasan maupun sebagai bidang usaha. Bahkan ada beberapa golongan lapisan masyarakat yang menganggap bahwa dengan memelihara ikan koi akan membawakan keuntungan bagi pemiliknya.

Pada zaman dahulu, ikan koi dianggap sebagai simbol persahabatan yang abadi dan cinta yang tulus. Meskipun begitu, saat ini memelihara ikan koi banyak dijadikan sebagai bidang usaha untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

Hal ini karena jika dilihat, saat ini pangsa pasar ikan koi semakin besar bahkan sudah mendunia. Walaupun ikan ini dahulu kurang diminati, saat ini ikan koi impor mengalami peningkatan harga yang signifikan harga ikan koi menjadi lebih bersaing.

Namun dalam hal budidaya ikan koi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda tidak mengalami kerugian. Oleh karenanya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan koi.

Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Berikut ini akan kami jelaskan tips budidaya ternak ikan koi yang baik dan benar supaya hasilnya bisa maksimal.

1. Pilihlah Induk Yang Berkualitas

gambar induk ikan koi
gambar induk ikan koi (ikankoi.org)

Dalam hal budidaya ikan koi, memilih indukan memiliki peran penting untuk menghasilkan ikan yang berkualitas. Dengan menggunakan ikan yang memiliki gen berkualitas, tentunya akan mudah untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas pula.

Baca juga: Harga Ikan Arwana

Dalam hal ini, jika anda kesulitan dalam mencari induk yang berkualitas anda bisa meminjam dari pecinta ikan koi yang sudah lama menggeluti budidaya ikan ini. setelah mendapatkan ikan yang berkualitas, anda bisa mengawinkan keduanya karena hal ini dapat membuat ikan menjadi lebih sehat.

Pengawinan antara kedua ikan ini dapat dimanfaatkan untuk menjalin kerja sama dengan pemilik ikan koi lainya. hal ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, karena pemilik akan diuntungkan dengan ikan untuk dikawinkan. Sedangkan pembudidaya akan mendapatkan benih ikan yang berkualitas.

Adapun ikan koi dapat dikatakan berkualitas jika memiliki beberapa ciri-ciri. Jenis ikan koi berkualitas biasanya sudah berumur lebih dari 2 tahun. Selain itu bentuk tubuh ikan yang ideal dapat ditandai dengan memiliki lekukan dari atas terlihat seperti torpedo. Gaya berenang ikan koi yang berkualitas juga cukup tenang dan sangat seimbang. Ikan ini biasanya juga memiliki warna yang cemerlang dan kontras.

Nah bagi anda yang tertarik dengan budidaya ini, sebaiknya indukan jantan dan betina dipelihara dalam kolam yang berbeda agar indukan tidak perlu melakukan pemberokan (puasa dikawinkan). Biasanya pemeliharaan kolam untuk indukan sama halnya dengan pemeliharaan kolam pembesaran.

2. Pembentukan Kolam Tempat Tinggal

gambar kolam tinggal ikan koi
gambar kolam tinggal ikan koi (nabilafarm.com)

Meskipun terlihat sepele, kolam justru merupakan faktor utama dalam keberhasilan budidaya ikan koi. Cara memelihara ikan koi harus diperhatikan dengan baik, baik didalam aquarium, kolam tanah maupun kolam terpal.

Idealnya, kolam untuk pemijahan memiliki ukuran 3×6 meter dengan kedalaman 60 cm dan ketinggian air 40 cm. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda menggunakan kolam plesteran.

Baca juga: Harga Ikan Guppy

Selain itu kolam ikan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup serta saluran air yang lancar agar sirkulasi air dapat berjalan dengan lancar. Dengan kolam yang bersih, dapat mengurangi hama dan bakteri yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan koi itu sendiri.

3. Tahap Pemijahan

gambar teknik pemijahan ikan koi
gambar teknik pemijahan ikan koi (ikankoi.org)

Tahap pemijahan juga merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan keberhasilan ataupun kegagalan budidaya. Untuk mengatasi terjadinya kegagalan pemijahan, anda bisa menggunakan lebih dari satu pejantan karena mungkin jadi kualitas dari salah satu pejantan sedang kurang baik.

Setelah segala persiapan dirasa sudah siap, masukkan induk betina terlebih dahulu pada jam 4 sore. Hal ini bertujuan agar betina terlebih dahulu beradaptasi dengan kolam pemijahan. Setelah selang 5 jam masukkan jantan karena biasanya proses pemijahan akan berlangsung ketika tengah malam.

Nah beberapa hal diatas merupakan cara yang tepat untuk melakukan budidaya ikan koi dengan cara yang mudah. Bagi anda yang sedang mencari bidang usaha, budidaya ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Apalagi jika dilihat saat ini terdapat banyak rumah makan yang menyediakan masakan dari ikan koi sebagai menu andalan mereka.

Daftar Harga Gitar Ikan Koi Aneka Jenis Terbaru 2019

Jenis IkanHarga
Ikan Koi Asagi (30cm)Rp775.000
Ikan Koi Kohaku (31 cm)Rp275.000
Ikan Koi Shiro Utsuri (10-14cm)Rp85.000
Ikan Koi Show Sanke (35cm)Rp650.000
Ikan Koi Showa Sanshoku (30cm)Rp725.000
Ikan Koi Taisho Sanke (33cm)Rp750.000
Ikan Koi Tancho (30cm)Rp775.000

Cara Merawat Ikan Koi

Selain itu untuk mendapatkan ikan koi yang berkualitas, anda juga perlu melakukan beberapa perawatan. Perawatan ini juga dilakukan secara menyeluruh mulai dari menjaga kualitas air hingga memperhatikan kadar keasaman kolam. Hal ini tentu bertujuan untuk mendapatkan hasil ikan yang berkualitas sehingga mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menaikkan harga ikan koi anda.

Berikut ini adalah tips merawat ikan koi supaya hasilnya maksimal:

1. Jaga Kualitas Air

gambar kolam kualitas air
gambar kolam kualitas air (bibitlelepalembang.blogspot.com)

Langkah pertama, anda harus menjaga kualitas air. Dalam menjaga kualitas air anda harus memperhatikan suhu dan tingkat kekeruhan air.

Baca juga: Harga Ikan Aligator

Anda tidak bisa membiarkan air menjadi keruh karena ikan koi sangat tidak nyaman berada dalam keadaan tersebut. kekeruhan ini bisa berasal dari kotoran ikan-ikan yang ada di kolam, sehingga anda harus secara rutin mengganti air dengan sistem sirkulasi air yang lancar. Namun anda juga mengantisipasinya dengan mencari tau apa itu ikan koi dan karakteristiknya.

2. Jaga Kualitas Kolam

gambar kolam ikan koi
gambar kolam ikan koi (dekoruma.blog)

Langkah kedua, untuk menjaga kualitas kolam, sebaiknya gantilah sekitar 10% air didalam kolam selama satu minggu sekali. Namun perlu anda ingat bahwa mengganti air kolam tidak boleh dilakukan dengan mengganti air kolam secara keseluruhan karena ikan didalam kolam tidak mampu beradaptasi.

Selain itu, mengganti air secara keseluruhan dapat memberikan dampak stress pada ikan-ikan koi. Nah perlu anda ketahui pula bahwa kondisi ai berpengaruh pada warna koi anda sebesar 20 %. Anda juga harus ingat bahwa warna ikan sangat mempengaruhi kualitas serta harga pasaran ikan tersebut.

3. Batasi Jumlah Ikan di Kolam

gambar jumlah ikan koi
gambar jumlah ikan koi (dekoruma.blog)

Langkah ketiga, anda harus membatasi jumlah ikan didalam kolam. Ikan koi sangat membutuhkan ruang gerak yang cukup luas agar dapat tumbuh secepatnya. Jika anda meletakkan jumlah ikan yang tidak sesuai dengan kolam, akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan koi itu sendiri. oleh karenanya, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan jumlah ikan yang ada didalam kolam.

Baca juga: Harga Ikan Nila

Selain itu, anda juga harus menjamin bahwa air yang berada didalam kolam ikan koi tidak mengandung zat-zat berbahaya dan tidak terkontaminasi dengan apapun. Bahkan jika anda menggunakan kolam dari semen, anda tidak bisa langsung memasukannya kedalam kolam. Hal ini bertujuan agar ikan koi tidak keracunan zat tersebut.

4. Kontrol Kadar Keasaman Kolam

Langkah ke empat, anda harus memperhatikan kadar keasaman kolam air. Kadar keasaman yang sesuai untuk ikan koi ini sendiri berkisar pada level 6,5 hingga 8,5 untuk menjaga ikan selalu sehat. Dengan menggunakan ke empat cara tersebut, anda bisa mendapatkan ikan koi dengan kualitas yang baik. Hal ini tentu akan mempengaruhi harga jual dari budidaya ikan koi anda.

Jenis-Jenis Ikan Koi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang saat ini semakin banyak digemari. Selain digemari oleh banyak masyarakat, ikan koi juga memiliki berbagai jenis dengan ciri khas yang berbeda. Nah untuk mengetahui ikan koi yang berkualitas, anda perlu mengetahui jenis-jenisikan koi yang banyak dibudidayakan.

Ikan ini termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio, diamana ia merupakan hewan peliharaan yang indah dipandang. Corak warna yang dimiliki juga sangat indah dan hampir mirip dengan ikan mas, namun lebih memiliki warna yang beragam. Oleh karenanya, berikut ini adalah macam-macam ikan koi dibedakan berdasarkan corak warnanya:

1. Ikan Koi Kohaku

gambar ikan koi kohaku
gambar ikan koi kohaku (penyuluhpi.blogspot.com)

Kohaku adalah salah satu jenis ikan koi tertua dibandingkan dengan jenis lainya. Ikan jenis ini biasanya memiliki warna dasar putih disertai corak warna merah pada bagian atasnya.

Baca juga: Harga Ikan Lele

Sebagian besar dari ikan jenis ini memiliki warna dasar putih dan warna merah dengan kualitas terbaik. Ikan kohaku juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah Tancho Kohaku, Gin Rin Kohaku dan Marute Kohaku. Anda bisa memilih ikan koi yang sesuai dengan keinginan anda.

2. Ikan Koi Taisho Sanke

gambar ikan koi taisho sanke
gambar ikan koi taisho sanke (pinimg.com)

Ikan jenis ini juga memiliki warna dasar putih yang hampir mirip dengan ikan koi Kohaku. Perbedaannya hanya terletak pada warna merah yang berkombinasi dengan warna hitam.

Taisho Sanke dikalangan penikmat ikan koi lebih sering disebut dengan Sanke untuk mempermudah dalam hal pengucapanya. Selain bagus untuk peliharaan, biasanya ikan ini juga dikonsumsi karena cara memasaknya yang mudah dibandingkan dengan cara masak ikan salmon.

3. Ikan Koi Showa Sanshoku

gambar ikan koi showa sanshoku
gambar ikan koi showa sanshoku (pinimg.com)

Jenis ikan koi selanjutnya adalah Showa Sanshoku yang biasa disebut dengan showa. Dilihat dari segi penampilanya, ikan ini lebih mirip dengan ikan sanke. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada pola hitam yang ada pada jenis ikan ini.

Jika pola hitam pada sanke hanya terletak pada bagian atas saja, ikan jenis showa ini memiliki pola hitam yang menyebar diseluruh bagian tubuh. Selain itu, pola hitam pada showa juga terletak pada bagian kepalanya, sedangkan sanke tidak memiliki pola pada kepala.

4. Ikan Koi Asagi

gambar ikan koi asagi
gambar ikan koi asagi (www.hewan.id)

Asagi merupakan salah satu jenis ikan koi yang berasal dari Jepang. Ikan ini banyak digemari masyarakat karena corak warnanya yang unik. Ikan ini memiliki pola biru pada bagian tubuh dan merah-oranye pada bagian sirip dan perut. Perlu anda ketahui bahwa ikan terbaik jenis ini dan banyak dicari oleh penggemar ikan koi adalah ikan yang memiliki pola merah diatas garis lateral.

5. Ikan Koi Tancho

gambar ikan koi tancho
gambar ikan koi tancho (daftarikanhias.web.id)

Ikan Koi Tancho merupakan ikan yang tergolong dalam spesies Kohaku dan paling populer dikelompok jenis tersebut. Di kalangan masyarakat Jepang, ikan ini sangat populer dan sangat dihormati karena memiliki banyak cerita legenda. Adapun ciri-ciri dari ikan koi tancho ini  adalah memiliki titik merah menyerupai gambar bendera Jepang pada bagian kepalanya. Titik ini tidak akan ditemukan pada jenis ikan koi lainya.

Baca juga: Harga Ikan Gabus

6. Ikan Koi Shiro Utsuri

gambar ikan koi shiro utsuri
gambar ikan koi shiro utsuri (hobinatang.com)

Selanjutnya adalah ikan Shiro Utsuri yang sangat berbeda dengan beberapa jenis lainya. ikan koi ini memiliki warna dasar hitam dikombinasikan dengan corak warna putih. Ikan ini juga termasuk dalam salah satu jenis ikan koi yang paling banyak dicari karena keunikan coraknya.

7. Ikan Koi Ki Utsuri

gambar ikan koi ki utsuri
gambar ikan koi ki utsuri (duniaq.com)

Jika anda mencari harga ikan koi paling mahal, maka jawabanya adalah ikan Ki Utsuri ini. hal ini karena jumlah ikan ki utsuri yang sangat terbatas dan tergolong dalam spesies langka. Dilihat dari tubuhnya, ikan ini memiliki corak warna hitam dan warna kuning pada bagian tubuh.

Namun karena harganya yang mahal, anda perlu menjaga dan merawat sesuai dengan kebutuhan agar ikan tetap sehat dan tidak terjangkit jamur maupun bakteri.

8. Ikan Koi Matsuba

gambar ikan koi matsuba
gambar ikan koi matsuba (tokopedia)

Ikan koi selanjutnya adalah Matsuba. Ikan ini memiliki banyak corak warna pada tubuhnya. Ikan ini juga sering disebut dengan ikan beragam karena terdapat berbagai matsuba dengan  corak warna yang berbeda pula. Namun jika dilihat secara umum, ikan koi jenis Matsuba adalah berwarna logam dan disertai dengan pola jaring hitam.

Baca juga: Harga Ikan Gurame

Ikan koi diatas merupakan beberapa informasi tentang ikan koi. Bagi anda yang sekedar gemar dengan ikan tersebut, anda bisa membeli dan membudidayakannya untuk peliharaan pribadi saja. Namun tidak ada salahnya pula bagi anda untuk membudidaykan secara besar-besar dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Hal ini karena banyaknya peluang dan pangsa pasar yang besar tentang ikan koi itu sendiri. Yang pasti sebelum melakukan budidaya ikan koi, anda harus mempertimbangkan jenis ikan yang sesuai dengan keinginan anda serta berbagai perawatanya mengingat harganya yang mahal dibanding dengan harga ikan lain.

Brand: Ikan Koi, Nama Produk: Ikan, Rating: Average rating: 4.4, based on 1 reviews , Harga: from Rp85000 to Rp775000

Leave a Comment